APLIKASI SISTEM INFORMASI MANEJEMEN PENDIDIKAN

APLIKASI SISTEM INFORMASI MANEJEMEN PENDIDIKAN
Makalah
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu :
Dul Ahmad Bachtiar, M.Pd.I








Disusun Oleh :
Haifa Nuha Rozanatullah          -
Putri Chasanah                        14.02.0168
Restu Fuji Rahayu                  14.02.0169


JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
HUSNUL KHOTIMAH
KUNINGAN

2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas petunjuk, rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah “Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan” tanpa ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW., serta para sahabatnya, para tabi’in  dan kepada umatnya hingga akhir zaman.
Dengan ini kami menyadari bahwa makalah ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari berbagai sumber referensi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tidak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai sumber referensi baik buku maupun internet demi tersusunnya makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dalam kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat banyak kesalahan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan pada umumnya bagi pembaca.   

Kuningan, 18 Desember 2015



Penulis

 






i
i

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................................ 1
B.  Rumusan Masalah............................................................................................ 2
C.  Tujuan.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 3
A. Pengertian Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan....................... 3
1.      Pengertian Aplikasi.................................................................................. 3
2.      Pengertian Sistem..................................................................................... 3
3.      Pengertian Informasi................................................................................ 4
4.      Pengertian Manajemen............................................................................. 4
5.      Pengertian Pendidikan............................................................................. 5
B.  Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan......................................... 5
1.      Sistem Manajemen Akademik................................................................. 6
2.      Sistem Manajemen Pengetahuan............................................................. 7
3.      Sistem Manajemen Sumber Daya............................................................ 8
4.      Sistem Manajemen Hubungan Komunitas............................................... 9
Subsistem SIM Pendidikan..................................................................... 10
BAB III PENUTUP................................................................................................. 13
A. Kesimpulan...................................................................................................... 13
B.  Saran................................................................................................................ 13
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 15
ii


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi kehidupan dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti E-Commerce, E-Government, E-Education, E-Library, E-Journal, E-Medicine, E-Laboratory, E-Biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Sistem informasi manajemen pendidikan menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan sekaligus penghematan bagi pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Banyak lembaga pendidikan dan pendidikan telah mendapat manfaat dari peralatan canggih ini.
Dengan kemajuan perkembangan pendidikan di Indonesia, baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan pendidikan di Indonesia dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mengembangkan mutu pendidikan dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen pendidikan.[1]
Sehingga sistem informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga pendidikan dalam menghadapi globalisasi, khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.[2]
1
Berdasarkan masalah diatas, kami akan membahasnya dalam makalah yang berjudul “Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan”
B.     Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian aplikasi, sistem, informasi, manajemen dan pendidikan?
  2. Apa pengertian aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan?
  3. Bagaimana perangkat lunak aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan?
  4. Bagaimana sistem manajemen akademik?
  5. Bagaimana sistem manajemen pengetahuan?
  6. Bagaimana sistem manajemen sumber daya?
  7. Bagaimana sistem manajemen hubungan komunitas?
  8. Bagaimana subsistem sistem informasi manajemen pendidikan?      

C.    Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian aplikasi, sistem, informasi, manajemen dan pendidikan
  2. Untuk mengetahui pengertian aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan
  3. Untuk mengetahui perangkat lunak aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan
  4. Untuk mengetahui sistem manajemen akademik
  5. Untuk mengetahui sistem manajemen pengetahuan
  6. Untuk mengetahui sistem manajemen sumber daya
  7. Untuk mengetahui sistem manajemen hubungan komunitas
  8. Untuk mengetahui subsistem sistem informasi manajemen pendidikan        



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Aplikasi Sistem Informasi Manejemen Pendidikan
Untuk memeahami definisi sistem informasi manajemen pendidikan maka diperlukan memahami definisi kelima kata tersebut secara terpisah.[3]
1.      Pengertian Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Kumpulan aplikasi komputer yang digabung menjadi suatu paket biasanya disebut paket atausuite aplikasi (application suite). [4]
2.      Pengertian Sistem
Sistem menurut para ahli, pengertian sistem diartikan sebagai berikut:
Menurut Ludwig Von Bartalanfy, Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut Anatol Raporot, Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut L. Ackof, Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
3
Jadi, dari beberapa definisi sistem di atas, maka dapat disimpulkan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).[5]
3.      Pengertian Informasi
Informasi yaitu data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat ini maupun saat mendatang.[6]
4.      Pengertian Manejemen
Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan  dan “agree” yang berarti melakukan. Dalam bahasa Inggris, manajemen bersasal dari kata “manage” yang berarti mengelola. Dan dalam bahasa Arab, manajemen identik dengan kata “dabbara, yudabbiru, tadbiiran” yang berarti mengarahkan, mengelola, melaksanakan, menjalankan, mengatur, dan mengurusi.
Secara terminologis, definisi manajemen dikemukakan oleh para ahli dengan redaksi yang berbeda-beda. Menurut G.R. Terry bahwa manajemen adalah suatu proses terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya (manage is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both science and art, and followed in orde to accomplish predetermined objectives).[7]
Definisi manajemen harus dapat menjawab rumusan 5W1H (what, when, who, why, where, dan how).Apa yang diatur? Kapan diatur?Siapa yang mengatur? Mengapa harus diatur? Dimana harus diatur? Dan Bagaimana harus mengaturnya? Keenam pertanyaan tersebut harus di jawab dalam merumuskan teori manajemen.
Para ahli memandang manajemen dari sudut yang berbeda yaitu beberapa ahli memandang manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, ahli lain memandang manajemen sebagai suatu proses dan sebagai suatu profesi.[8]
5.      Pengertian Pendidikan
Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan adalah suatu proses penamaan sesuatu ke dalam diri manusia mengacu kepada metode dan sistem penamaan secara bertahap, dan kepada manusia penerima proses dan kandungan pendidikan tersebut.
Dari definisi dan pengertian itu ada tiga unsur yang membentuk pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima. Kemudian disimpulkan lebih lanjut yaitu ” sesuatu yang secara bertahap ditanamkan ke dalam diri manusia”.[9]

B.     Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Aplikasi sistem informasi pendidikan atau ASIP adalah sebuah program aplikasi komputer yang dirancang secara khusus untuk dunia pendidikan di Indonesia dan selayaknya dapat diakses secara langsung oleh semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan itu sendiri, yaitu :
a.       Lembaga Sekolah (Murid, Guru, Penyelenggaran Administrasi sekolah).
b.      Orang Tua / Wali Murid.
c.       Pemerintah (Departemen Pendidikan Nasional).
d.      Pihak-Pihak lain (Instansi pemerintah mapun swasta, LSM atau pihak manapun yang memerlukan informasi data pendidikan)
Konsep dasar dari perancangan sistem dan pembangunan aplikasi dilakukan menurut standarisasi pedoman penyelenggaran pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Dep. DIKNAS)  dan juga berdasarkan hasil survey pada beberapa lembaga pendidikan (Sekolah & Kelompok Sekolah) baik Negeri maupun Swasta.
Perangkat lunak aplikasi SIM yang tersedia dikelompokkan ke dalam 4 kategori yaitu sistem manajemen akademik, sistem manajemen pengetahuan, sistem manajemen sumber daya, sistem manajemen hubungan komunitas yang keseluruhannya terdiri dari 8 modul (subsistem). Selain itu, saat ini sedang dikembangkan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari modul-modul untuk keperluan pengambilan keputusan pada tingkat yang lebih tinggi. SIE ini diharapkan sudah dapat digunakan pada awal tahun 2008.
1.      Sistem Manajemen Akademik
Sistem ini bertujuan untuk menggantikan sistem lama yang telah berjalan menggunakan scanable form. Proses akademik berlangsung mulai dari penerimaan siswa/mahasiswa baru hingga kelulusan mahasiswa.
a.       Sistem Registrasi Ujian Masuk Online, digunakan untuk mengelola pendaftaran ujian masuk secara online. Sistem ini memiliki fitur berikut: registrasi online, generator ujian mandiri onlinecash management system (CMS), verifikasi online, cetak formulir pendaftaran, monitoring dan statistik, dan administrasi sistem.
b.      Sistem Registrasi/Herregistrasi, digunakan untuk mengelola kegiatan registrasi calon siswa/mahasiswa dan registrasi ulang siswa/mahasiswa lama, dengan fitur seperti berikut: pengelolaan data siswa/mahasiwa/calon siswa/mahasiswa, administrasi pembayaran dan keuangan, generator nomor induk mahasiswa, konfigurasi pembiayaan, laporan-laporan, dan administrasi sistem.
c.       Sistem Informasi Akademik digunakan untuk mengelola administrasi dan data akademik pada unit fakultas/program studi meliputi data kurikulum, matakuliah, rencana dan hasil studi, transkrip, penjadwalan, prasyarat, dan sebagainya, dengan fitur seperti berikut:
·         back office, menangani pengelolaan data kurikulum, pengelolaan data kelas, pengelolaan data matakuliah/mata pelajaran, pengelolaan kesetaraan, pengelolaan jadwal, pengelolaan data rencana studi (KRS), pengelolaan data hasil studi (KHS), pengelolaan data transkrip, pengelolaan bimbingan akademik, konfigurasi jenis nilai, konfigurasi syarat predikat kelulusan, laporan dan statistik, serta administrasi sistem.
·         Modul front office, menangani KRS Online, KHS dan Transkrip, Info Akademik Online, mengelola bimbingan akademik (dosen), pengelolaan nilai (dosen), messaging, dan forum diskusi. Modul ini diakses oleh mahasiswa dan dosen melalui Portal Akademik.
2.      Sistem Manajemen Pengetahuan
Sistem ini terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang berfungsi untuk mengelola aset pengetahuan (jurnal, buku, perpustakaan, hasil penelitian) secara elektronik, terdiri atas:
a.       Sistem Informasi Perpustakaan digunakan untuk mengelola seluruh kegiatan administrasi dan manajemen perpustakaan, dengan fitur seperti berikut: OPAC (Online Public Access Catalogue)pengelolaan data anggota, pengelolaan data dasar koleksi, pengolahan koleksi perpustakaan, sirkulasi, pencetakan bukti transaksi, rekapitulasi, barcode support, smartcard support, dan administrasi sistem.
b.      Sistem Informasi Penelitian digunakan untuk mengelola hasil-hasil penelitian berupa jurnal dan tulisan atau karya ilmiah pada suatu unit penelitian, dengan fitur seperti berikut: pengelolaan jurnal penelitian, pengelolaan kerjasama penelitian, pengelolaan seminar, pelatihan, atau lokakarya penelitian, pengelolaan profil peneliti, statistik dan laporan, dan administrasi sistem.
c.       E-Learning digunakan untuk penyelenggara perkuliahan, penugasan, sharing online, dengan fitur sebagai berikut: informasi materi kuliah, pengumuman, kuliah online, diskusi online, agenda kelas, agenda pribadi, file sharing, penugasan, pencarian referensi, dokumen secara task repository, document repository, pengelolaan data pengguna, pengelolaan data materi kuliah, dan administrasi sistem.
Digital Library digunakan untuk mengelola aset perpustakaan dalam format digital. Fitur yang disediakan meliputi: pengelolaan data, aset dan bahan perpustakaan digital, registrasi anggota, pengelolaan data anggota, pencarian referensi, dan administrasi sistem.
3.      Sistem Manajemen Sumber Daya
Sistem ini terdiri dari beberapa modul aplikasi yang berfungsi untuk mengelola aset sumber daya  yang terdiri atas:
a.       Sistem Informasi Kepegawaian digunakan untuk menyimpan dan mengelola berbagai data kepegawaian guna mendukung pembuatan berbagai laporan serta pengembalian kepustakaan di bidang kepegawaian. Fitur-fitur yang disediakan adalah:
·         Pengelolaan data induk pegawai, yang terdiri dari data diri (meliputi beberapa jenis pegawai), riwayat keluarga, riwayat pendididikan, status pendidikan sekarang, riwayat kepangkatan/golongan, riwayat jabatan, pengalaman organisasi, dan riwayat penelitian/karya ilmiah/seminar.
·         Pengelolaan data mutasi meliputi: mutasi (orangtua, suami/istri, anak, jabatan struktural, jabatan fungsional, masa kerja, daftar penilaian, hukuman, tugas belajar, penetapan angka kredit, penghargaan, pangkat, diklat); kenaikan gaji berkala, proses pindah instansi/tempat kerja, mutasi dan lain-lain.
·         Laporan kepegawaian, termasuk data DUK (keseluruhan, instansi tertentu, per golongan, per jenis kelamin, per pendidikan, per jenis pegawai, yang melewati batas waktu kenaikan pengkat, yang memasuki masa pensiun); data perbandingan DUK; dan statistik rekapitulasi data pegawai (unit kerja, golongan & ruang)
b.      Sistem Informasi Keuangan dan Akuntansi, digunakan untuk mengelola pengeluaran dan penerimaan keuangan guna mempermudah pelaporan dan pemantauan keuangan, dengan fitur sebagai berikut: pengelolaan penerimaan dan pengeluaran, pengelolaan anggaran dan monitoring penggunaan, laporan keuangan (realisasi anggaran dan realisasi penerimaan dan pengeluaran), posting transaksi (jurnal penerimaan, jurnal pengeluaran, dan jurnal umum), laporan akuntansi (laporan buku besar dan laporan neraca), dan administrasi sistem.
c.       Sistem Informasi Manajemen Aset, digunakan untuk mengelola aset non SDM dan keuangan yang dimiliki oleh sekolah/universitas, dengan fitur-fitur sebagai berikut: pengelolaan data inventarisasi (bangunan, ruang, properti ruang, dan usulan penghapusan), pengelolaan data pengadaan (non tanah, bangunan, bangunan listrik dan air), pengelolaan data bangunan (denah, konstruksi, dan ruang), informasi data (inventasisasi, pengadaan, bangunan), rekap data (inventarisasi, pengadaan, bangunan), laporan (inventarisasi, pengadaan, bangunan), dan administrasi sistem.
4.      Sistem Manajemen Hubungan Komunitas
Sistem ini terdiri dari: portal Web, sistem informasi alumni, dan sistem rekrutmen kerja online.
a.       Portal merupakan media berbasis Web dinamis yang memuat profil sebagai gerbang informasi utama dengan fitur sebagai berikut: profil, informasi program akademik, fasilitas, kemahasiswaan, kalender akademik, pencarian dokumen, berita, kolom, pengumuman, agenda, forum diskusi, gateway ke berbagai sistem informasi, dan adminisrasi sistem.
b.      Sistem Informasi Alumni merupakan sistem informasi berbasis web yang berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi seluruh alumni  dengan almamater dengan fitur sebagai berikut:
·         Modul back office: pengelolaan data alumni, pengelolaan forum, administrasi sistem,
·         Modul front office: registrasi anggota, info alumni, galeri foto, cerita alumni, pesan, forum diskusi.
c.       Sistem Informasi Rekrutmen Kerja Online merupakan sistem informasi berbasis web yang berfungsi untuk menghubungkan para alumni dengan perusahaan/instansi penyedia lowongan kerja dalam proses rekrutmen kerja dengan fitur sebagai berikut:
·         Modul back office: pengelolaan anggota, pengelolaan lowongan kerja, dan administrasi sistem.
·         Modul front office: bagi pencari kerja: registrasi anggota, pencarian lowongan kerja, pengelolaan resume; bagi perusahaan mitra: registrasi anggota, pengelolaan lowongan kerja, pengelolaan resume pencari kerja.
d.      SMS Universitas merupakan layanan informasi akademik berbasis teknologi SMS dengan fitur sebagai berikut: pengumuman ujian masuk, informasi registrasi, informasi nilai ujian, informasi jadwal kuliah, informasi jadwal ujian, dan informasi KHS.
e.       Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah sistem berbasis web untuk melakukan integrasi data dengan sistem-sistem aplikasi yang ada di lingkungan dengan tujuan menyajikan laporan-laporan untuk menunjang eksekutif dalam mengambil keputusan. Dengan kemampuan integrasi data yang ada pada SIE maka proses penyediaan laporan-laporan untuk kebutuhan eksekutif bisa dilakukan dengan cepat dan akurat.
Subsistem SIM Pendidikan
System Informasi Manajemen (SIM Sekolah/Pendidikan) ini menjadi 8 sub-sistem yaitu :
1.      Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah) : yang nantinya akan berisi Profil Sekolah, Visi, Misi, Fasilitas, program-program, Berita/Artikel, kegiatan/agenda, informasi kesiswaan, forum, galeri foto, dan buku tamu.
2.      Sistem Informasi Personalia : yang berisi Data Guru dan Staf untuk mengelola informasi penting tentang tenaga pengajar maupun staf yang terdaftar di sekolah, seperti biodata, pangkat, jabatan, alamat, status bekerja, jam kerja, riwayat pendidikan, riwayat karir, riwayat pelatihan, tingkat kehadiran, info gaji dan lain-lain
3.      Sistem Informasi Sarana dan Prasarana : berisi mengenai Manajemen Aset sekolah mulai dari penomoran aset, lokasi aset, penggunaan aset dan jumlah aset
4.      Sistem Informasi Keuangan : akan berisi data pembayaran biaya pendidikan siswa, seperti SPP, uang pembangunan, dan biaya-biaya lain.
Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam format laporan yang akan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan dan evaluasi, seperti :
a.       Laporan siswa yang belum melakukan pembayaran
b.      Laporan siswa yang sudah melakukan pembayaran
c.       Laporan-laporan yang berkenaan dengan honor guru/karyawan
5.      Sistem Informasi Siswa : akan berisi data Penerimaan Siswa Baru, Biodata siswa, Pengelolaan Kenaikan Kelas Siswa (manual maupun otomatis), Pengelolaan Kelulusan/Alumni, Pencetakan Kartu Siswa, dan Pengelolaan Kedisiplinan Siswa
6.      Sistem Informasi Akademik : berisi Pengelolaan Kurikulum, Penjadwalan Satuan Pengajaran, Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa, dan Presensi Siswa dalam kegiatan PBM
7.      Sistem Informasi Perpustakaan : berisi Pengelolaan buku, Pengelolaan anggota, Transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan Manajemen Arsip Digital
8.      Sistem E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun intranet bagi siswa dan guru berupa modul sekolah, tanya-jawab, kuis online, maupun tugas-tugas.[10]


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pada dasarnya suatu sistem informasi dibangun dengan beberapa tahap pengembangan serta melibatkan sumber daya dari beberapa disiplin ilmu yang berbeda, baik sisi manajemen, teknologi informasi, keuangan, dan lain sebagainya. Salah satu hasil produk pembangunan sistem informasi adalah suatu perangkat lunak yang terpadu, ditambah dengan tata aturan yang di terapkan untuk mengelola sistem sehingga tujuan dari suatu sistem dapat tercapai. Pembangunan suatu sistem informasi baik dalam skala besar maupun kecil, tetap membutuhkan langkah-langkah tersusun dan terkoordinasi karena pembangunan sistem informasi merupakan suatu proyek pengembangan memiliki tujuan sehingga sistem informasi dapat berjalan dengan baik.
Perangkat lunak aplikasi SIM yang tersedia dikelompokkan ke dalam 4 kategori yaitu:
1.      Sistem Manajemen Akademik,
2.      Sistem Manajemen Pengetahuan,
3.      Sistem Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen Hubungan Komunitas yang keseluruhannya terdiri dari 8 modul (subsistem).
Selain itu, saat ini sedang dikembangkan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari modul-modul untuk keperluan pengambilan keputusan pada tingkat yang lebih tinggi. SIE ini diharapkan sudah dapat digunakan pada awal tahun 2008.[11]
B.     Saran
13
Dari penjelasan diatas, diharapkan mahasiswa dapat mengambil pelajaran yang dapat diambil dari perkembangan teknologi demi kepentingan meningkatkan pelayanan sekaligus penghematan bagi pendidikan yang kini otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah pendidikan di indonesia baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan pendidikan di indonesia dapat berlangsung secara efektif dan efisien dan tercapailah kemajuan mutu pendidikan.




DAFTAR PUSTAKA
Badrudin. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen/ (diakses tanggal 13 Desember 2015)
Jaja Jahari & Amirulloh Syarbini. 2013. Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta
https://lesmardin1988.wordpress.com/2014/08/13/pengertian-aplikasi/(diakses tanggal 13 Desember 2015)






[3]    Badrudin, Dasar-Dasar Manjemen, Bandung: Alfabeta, 2013, hlm.1
[4]    https://lesmardin1988.wordpress.com/2014/08/13/pengertian-aplikasi/(diakses tanggal 13 Desember 2015)
[6] http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen/ (diakses tanggal 13 Desember 2015)
[7]    Jaja Jahari & Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah, Bandung: Alfabeta, 2013, hlm.1-2
[8]    Badrudin, Dasar-Dasar Manjemen, Bandung: Alfabeta, 2013, hlm.1
[9]    (ps://islamiced.wordpress.com/tugas/ilmu-pendidikan-islam/pengertian-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam/)html/ (diakses tanggal 13 Desember 2015)

Komentar

  1. Artikel yang sangat menarik sekali,
    Sangat membantu saya tulisan ini…
    Semoga semakin banyak orang yang membaca artikel ini...

    Terima kasih…
    Salam Sukses Selalu…

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat terima kasih gan hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer