APLIKASI SISTEM INFORMASI MANEJEMEN PENDIDIKAN
APLIKASI SISTEM
INFORMASI MANEJEMEN PENDIDIKAN
Makalah
Diajukan untuk memenuhi tugas mata
kuliah Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu :
Dul Ahmad Bachtiar,
M.Pd.I
Disusun
Oleh :
Haifa
Nuha Rozanatullah -
Putri Chasanah 14.02.0168
Restu Fuji Rahayu 14.02.0169
JURUSAN MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM
HUSNUL KHOTIMAH
KUNINGAN
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT atas petunjuk, rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat
menyelesaikan makalah “Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan” tanpa
ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk memenuhi tugas
mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada
Nabi Muhammad SAW., serta para sahabatnya, para tabi’in
dan kepada umatnya hingga akhir zaman.
Dengan ini kami
menyadari bahwa makalah
ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari berbagai sumber referensi. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini tidak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai sumber referensi baik buku maupun
internet demi tersusunnya makalah ini.
Kami menyadari
bahwa makalah ini masih jauh dalam
kesempurnaan.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang
membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami
mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat banyak
kesalahan. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat
khususnya bagi kami dan pada umumnya bagi pembaca.
Kuningan, 18 Desember 2015
Penulis
|
i
|
i
|
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ........................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................................ 1
B. Rumusan Masalah............................................................................................ 2
C. Tujuan.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 3
A. Pengertian Aplikasi Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan....................... 3
1. Pengertian Aplikasi.................................................................................. 3
2. Pengertian Sistem..................................................................................... 3
3.
Pengertian Informasi................................................................................ 4
4. Pengertian Manajemen............................................................................. 4
5. Pengertian Pendidikan............................................................................. 5
B. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan......................................... 5
1. Sistem Manajemen Akademik................................................................. 6
2. Sistem Manajemen Pengetahuan............................................................. 7
3. Sistem Manajemen Sumber Daya............................................................ 8
4. Sistem Manajemen Hubungan Komunitas............................................... 9
Subsistem SIM Pendidikan..................................................................... 10
BAB III PENUTUP................................................................................................. 13
A. Kesimpulan...................................................................................................... 13
B. Saran................................................................................................................ 13
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 15
ii
|
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi kehidupan dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah
dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang
semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti E-Commerce,
E-Government, E-Education, E-Library, E-Journal, E-Medicine, E-Laboratory,
E-Biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Sistem
informasi manajemen pendidikan menjadi faktor penting untuk meningkatkan
pelayanan sekaligus penghematan bagi pendidikan dan kini telah menjadi salah
satu standar mutu sebuah pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan
dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan
masalah ini. Banyak lembaga pendidikan dan pendidikan telah mendapat manfaat
dari peralatan canggih ini.
Dengan
kemajuan perkembangan pendidikan di Indonesia, baik dari aspek administratif
atau teknologi, maka proses pelayanan pendidikan di Indonesia dapat berlangsung
secara efektif dan efisien. Untuk mengembangkan mutu pendidikan dibutuhkan
beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut
adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen
pendidikan.[1]
Sehingga sistem informasi semakin
dibutuhkan oleh lembaga pendidikan dalam menghadapi globalisasi, khususnya
dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan,
kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama dengan pihak lain
yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.[2]
1
|
B. Rumusan
Masalah
- Apa
pengertian aplikasi, sistem, informasi, manajemen dan pendidikan?
- Apa
pengertian aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan?
- Bagaimana
perangkat lunak aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan?
- Bagaimana sistem manajemen akademik?
- Bagaimana sistem manajemen pengetahuan?
- Bagaimana sistem manajemen sumber daya?
- Bagaimana sistem manajemen hubungan komunitas?
- Bagaimana subsistem sistem informasi
manajemen pendidikan?
C.
Tujuan
- Untuk
mengetahui pengertian aplikasi, sistem, informasi, manajemen dan
pendidikan
- Untuk
mengetahui pengertian aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan
- Untuk
mengetahui perangkat lunak aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan
- Untuk
mengetahui sistem
manajemen akademik
- Untuk
mengetahui sistem
manajemen pengetahuan
- Untuk
mengetahui sistem
manajemen sumber daya
- Untuk
mengetahui sistem manajemen
hubungan komunitas
- Untuk
mengetahui subsistem sistem
informasi manajemen pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Aplikasi Sistem Informasi Manejemen Pendidikan
Untuk
memeahami definisi sistem informasi manajemen pendidikan maka diperlukan memahami
definisi kelima kata tersebut secara terpisah.[3]
1. Pengertian Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk
benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah.
Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak
komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu
tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah
program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Kumpulan aplikasi
komputer yang digabung menjadi suatu paket biasanya disebut paket atausuite
aplikasi (application suite). [4]
2. Pengertian Sistem
Menurut Ludwig Von Bartalanfy, Sistem merupakan
seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara
unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut Anatol Raporot, Sistem adalah suatu kumpulan
kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut
L. Ackof, Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang
terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
3
|
3. Pengertian Informasi
Informasi
yaitu data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi
penerima dan memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan
keputusan saat ini maupun saat mendatang.[6]
4. Pengertian Manejemen
Secara
etimologis, manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan dan “agree”
yang berarti melakukan. Dalam bahasa Inggris, manajemen bersasal dari kata
“manage” yang berarti mengelola. Dan dalam bahasa Arab, manajemen identik
dengan kata “dabbara, yudabbiru,
tadbiiran” yang berarti mengarahkan, mengelola, melaksanakan, menjalankan,
mengatur, dan mengurusi.
Secara
terminologis, definisi manajemen dikemukakan oleh para ahli dengan redaksi yang
berbeda-beda. Menurut G.R. Terry bahwa manajemen adalah suatu proses terdiri
atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan
dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya (manage is a
distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and
controlling, utilizing in each both science and art, and followed in orde to
accomplish predetermined objectives).[7]
Definisi
manajemen harus dapat menjawab rumusan 5W1H (what, when, who, why, where, dan
how).Apa yang diatur? Kapan diatur?Siapa yang mengatur? Mengapa harus diatur? Dimana
harus diatur? Dan Bagaimana harus mengaturnya? Keenam pertanyaan tersebut harus
di jawab dalam merumuskan teori manajemen.
Para
ahli memandang manajemen dari sudut yang berbeda yaitu beberapa ahli memandang
manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, ahli lain memandang manajemen sebagai
suatu proses dan sebagai suatu profesi.[8]
5. Pengertian Pendidikan
Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan
adalah suatu proses penamaan sesuatu ke dalam diri manusia mengacu kepada
metode dan sistem penamaan secara bertahap, dan kepada manusia penerima proses
dan kandungan pendidikan tersebut.
Dari definisi dan pengertian itu ada tiga unsur yang
membentuk pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima. Kemudian disimpulkan
lebih lanjut yaitu ” sesuatu yang secara bertahap ditanamkan ke dalam diri
manusia”.[9]
B. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Aplikasi
sistem informasi pendidikan atau ASIP adalah sebuah program aplikasi komputer
yang dirancang secara khusus untuk dunia pendidikan di Indonesia dan selayaknya
dapat diakses secara langsung oleh semua pihak yang terlibat dalam dunia
pendidikan itu sendiri, yaitu :
a. Lembaga
Sekolah (Murid, Guru, Penyelenggaran Administrasi sekolah).
b. Orang
Tua / Wali Murid.
c. Pemerintah
(Departemen Pendidikan Nasional).
d. Pihak-Pihak
lain (Instansi pemerintah mapun swasta, LSM atau pihak manapun yang memerlukan
informasi data pendidikan)
Konsep dasar dari perancangan sistem dan pembangunan
aplikasi dilakukan menurut standarisasi pedoman penyelenggaran pendidikan yang
dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Dep. DIKNAS) dan juga
berdasarkan hasil survey pada beberapa lembaga pendidikan (Sekolah & Kelompok
Sekolah) baik Negeri maupun Swasta.
Perangkat lunak aplikasi SIM yang tersedia
dikelompokkan ke dalam 4 kategori yaitu sistem manajemen akademik, sistem
manajemen pengetahuan, sistem manajemen sumber daya, sistem manajemen hubungan
komunitas yang keseluruhannya terdiri dari 8 modul (subsistem). Selain itu,
saat ini sedang dikembangkan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) yang berfungsi
untuk mengumpulkan data dari modul-modul untuk keperluan pengambilan keputusan
pada tingkat yang lebih tinggi. SIE ini diharapkan sudah dapat digunakan pada
awal tahun 2008.
1.
Sistem
Manajemen Akademik
Sistem
ini bertujuan untuk menggantikan sistem lama yang telah berjalan
menggunakan scanable form. Proses akademik berlangsung mulai dari
penerimaan siswa/mahasiswa baru hingga kelulusan mahasiswa.
a. Sistem
Registrasi Ujian Masuk Online, digunakan untuk mengelola pendaftaran ujian
masuk secara online. Sistem ini memiliki fitur berikut:
registrasi online, generator ujian mandiri online, cash
management system (CMS), verifikasi online, cetak formulir
pendaftaran, monitoring dan statistik, dan administrasi sistem.
b. Sistem
Registrasi/Herregistrasi, digunakan untuk mengelola kegiatan registrasi calon
siswa/mahasiswa dan registrasi ulang siswa/mahasiswa lama, dengan fitur seperti
berikut: pengelolaan data siswa/mahasiwa/calon siswa/mahasiswa, administrasi
pembayaran dan keuangan, generator nomor induk mahasiswa, konfigurasi
pembiayaan, laporan-laporan, dan administrasi sistem.
c. Sistem
Informasi Akademik digunakan untuk mengelola administrasi dan data
akademik pada unit fakultas/program studi meliputi data kurikulum, matakuliah,
rencana dan hasil studi, transkrip, penjadwalan, prasyarat, dan sebagainya,
dengan fitur seperti berikut:
·
back office,
menangani pengelolaan data kurikulum, pengelolaan data kelas, pengelolaan data
matakuliah/mata pelajaran, pengelolaan kesetaraan, pengelolaan jadwal,
pengelolaan data rencana studi (KRS), pengelolaan data hasil studi (KHS),
pengelolaan data transkrip, pengelolaan bimbingan akademik, konfigurasi jenis
nilai, konfigurasi syarat predikat kelulusan, laporan dan statistik, serta
administrasi sistem.
·
Modul front
office, menangani KRS Online, KHS dan Transkrip, Info
Akademik Online, mengelola bimbingan akademik (dosen), pengelolaan
nilai (dosen), messaging, dan forum diskusi. Modul ini diakses oleh
mahasiswa dan dosen melalui Portal Akademik.
2. Sistem Manajemen Pengetahuan
Sistem ini terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang
berfungsi untuk mengelola aset pengetahuan (jurnal, buku, perpustakaan, hasil
penelitian) secara elektronik, terdiri atas:
a. Sistem
Informasi Perpustakaan digunakan untuk mengelola seluruh kegiatan
administrasi dan manajemen perpustakaan, dengan fitur seperti berikut: OPAC
(Online Public Access Catalogue), pengelolaan data anggota,
pengelolaan data dasar koleksi, pengolahan koleksi perpustakaan, sirkulasi,
pencetakan bukti transaksi, rekapitulasi, barcode support, smartcard
support, dan administrasi sistem.
b. Sistem
Informasi Penelitian digunakan untuk mengelola hasil-hasil penelitian
berupa jurnal dan tulisan atau karya ilmiah pada suatu unit penelitian, dengan
fitur seperti berikut: pengelolaan jurnal penelitian, pengelolaan kerjasama
penelitian, pengelolaan seminar, pelatihan, atau lokakarya penelitian,
pengelolaan profil peneliti, statistik dan laporan, dan administrasi sistem.
c. E-Learning digunakan untuk
penyelenggara perkuliahan, penugasan, sharing online, dengan fitur sebagai
berikut: informasi materi kuliah, pengumuman, kuliah online, diskusi online,
agenda kelas, agenda pribadi, file sharing, penugasan, pencarian referensi, dokumen
secara task repository, document repository, pengelolaan data
pengguna, pengelolaan data materi kuliah, dan administrasi sistem.
Digital Library digunakan
untuk mengelola aset perpustakaan dalam format digital. Fitur yang
disediakan meliputi: pengelolaan data, aset dan bahan perpustakaan digital,
registrasi anggota, pengelolaan data anggota, pencarian referensi, dan
administrasi sistem.
3. Sistem Manajemen Sumber Daya
Sistem ini terdiri dari beberapa modul aplikasi yang
berfungsi untuk mengelola aset sumber daya yang terdiri atas:
a. Sistem
Informasi Kepegawaian digunakan untuk menyimpan dan mengelola berbagai
data kepegawaian guna mendukung pembuatan berbagai laporan serta pengembalian
kepustakaan di bidang kepegawaian. Fitur-fitur yang disediakan adalah:
·
Pengelolaan data
induk pegawai, yang terdiri dari data diri (meliputi beberapa jenis pegawai),
riwayat keluarga, riwayat pendididikan, status pendidikan sekarang, riwayat
kepangkatan/golongan, riwayat jabatan, pengalaman organisasi, dan riwayat
penelitian/karya ilmiah/seminar.
·
Pengelolaan data
mutasi meliputi: mutasi (orangtua, suami/istri, anak, jabatan struktural,
jabatan fungsional, masa kerja, daftar penilaian, hukuman, tugas belajar,
penetapan angka kredit, penghargaan, pangkat, diklat); kenaikan gaji berkala,
proses pindah instansi/tempat kerja, mutasi dan lain-lain.
·
Laporan
kepegawaian, termasuk data DUK (keseluruhan, instansi tertentu, per golongan,
per jenis kelamin, per pendidikan, per jenis pegawai, yang melewati batas waktu
kenaikan pengkat, yang memasuki masa pensiun); data perbandingan DUK; dan
statistik rekapitulasi data pegawai (unit kerja, golongan & ruang)
b. Sistem
Informasi Keuangan dan Akuntansi, digunakan untuk mengelola pengeluaran dan
penerimaan keuangan guna mempermudah pelaporan dan pemantauan keuangan, dengan
fitur sebagai berikut: pengelolaan penerimaan dan pengeluaran, pengelolaan
anggaran dan monitoring penggunaan, laporan keuangan (realisasi anggaran dan
realisasi penerimaan dan pengeluaran), posting transaksi (jurnal penerimaan,
jurnal pengeluaran, dan jurnal umum), laporan akuntansi (laporan buku besar dan
laporan neraca), dan administrasi sistem.
c. Sistem
Informasi Manajemen Aset, digunakan untuk mengelola aset non SDM dan keuangan
yang dimiliki oleh sekolah/universitas, dengan fitur-fitur sebagai berikut:
pengelolaan data inventarisasi (bangunan, ruang, properti ruang, dan usulan
penghapusan), pengelolaan data pengadaan (non tanah, bangunan, bangunan listrik
dan air), pengelolaan data bangunan (denah, konstruksi, dan ruang), informasi
data (inventasisasi, pengadaan, bangunan), rekap data (inventarisasi,
pengadaan, bangunan), laporan (inventarisasi, pengadaan, bangunan), dan
administrasi sistem.
4.
Sistem
Manajemen Hubungan Komunitas
Sistem
ini terdiri dari: portal Web, sistem informasi alumni, dan sistem rekrutmen
kerja online.
a. Portal merupakan
media berbasis Web dinamis yang memuat profil sebagai gerbang informasi utama
dengan fitur sebagai berikut: profil, informasi program akademik, fasilitas,
kemahasiswaan, kalender akademik, pencarian dokumen, berita, kolom, pengumuman,
agenda, forum diskusi, gateway ke berbagai sistem informasi, dan adminisrasi sistem.
b. Sistem
Informasi Alumni merupakan sistem informasi berbasis web yang berfungsi
sebagai media informasi dan komunikasi seluruh alumni dengan almamater
dengan fitur sebagai berikut:
·
Modul back
office: pengelolaan data alumni, pengelolaan forum, administrasi
sistem,
·
Modul front
office: registrasi anggota, info alumni, galeri foto, cerita alumni,
pesan, forum diskusi.
c. Sistem
Informasi Rekrutmen Kerja Online merupakan sistem informasi berbasis web
yang berfungsi untuk menghubungkan para alumni dengan perusahaan/instansi
penyedia lowongan kerja dalam proses rekrutmen kerja dengan fitur sebagai
berikut:
·
Modul back
office: pengelolaan anggota, pengelolaan lowongan kerja, dan
administrasi sistem.
·
Modul front
office: bagi pencari kerja: registrasi anggota, pencarian lowongan
kerja, pengelolaan resume; bagi perusahaan mitra: registrasi anggota,
pengelolaan lowongan kerja, pengelolaan resume pencari kerja.
d. SMS
Universitas merupakan layanan informasi akademik berbasis teknologi SMS
dengan fitur sebagai berikut: pengumuman ujian masuk, informasi registrasi,
informasi nilai ujian, informasi jadwal kuliah, informasi jadwal ujian, dan
informasi KHS.
e. Sistem
Informasi Eksekutif
Sistem Informasi
Eksekutif (SIE) adalah sistem berbasis web untuk melakukan integrasi data dengan
sistem-sistem aplikasi yang ada di lingkungan dengan tujuan menyajikan
laporan-laporan untuk menunjang eksekutif dalam mengambil keputusan. Dengan
kemampuan integrasi data yang ada pada SIE maka proses penyediaan
laporan-laporan untuk kebutuhan eksekutif bisa dilakukan dengan cepat dan
akurat.
Subsistem
SIM Pendidikan
System
Informasi Manajemen (SIM Sekolah/Pendidikan) ini menjadi 8 sub-sistem
yaitu :
1. Sistem
Informasi Profil (Portal Sekolah) : yang nantinya akan berisi Profil
Sekolah, Visi, Misi, Fasilitas, program-program, Berita/Artikel,
kegiatan/agenda, informasi kesiswaan, forum, galeri foto, dan buku tamu.
2. Sistem
Informasi Personalia : yang berisi Data Guru dan Staf untuk mengelola
informasi penting tentang tenaga pengajar maupun staf yang terdaftar di
sekolah, seperti biodata, pangkat, jabatan, alamat, status bekerja, jam kerja,
riwayat pendidikan, riwayat karir, riwayat pelatihan, tingkat kehadiran, info
gaji dan lain-lain
3. Sistem
Informasi Sarana dan Prasarana : berisi mengenai Manajemen Aset
sekolah mulai dari penomoran aset, lokasi aset, penggunaan aset dan jumlah aset
4. Sistem
Informasi Keuangan : akan berisi data pembayaran biaya pendidikan siswa,
seperti SPP, uang pembangunan, dan biaya-biaya lain.
Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam
format laporan yang akan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan
dan evaluasi, seperti :
a.
Laporan siswa
yang belum melakukan pembayaran
b.
Laporan siswa
yang sudah melakukan pembayaran
c.
Laporan-laporan
yang berkenaan dengan honor guru/karyawan
5. Sistem
Informasi Siswa : akan berisi data Penerimaan Siswa Baru, Biodata siswa,
Pengelolaan Kenaikan Kelas Siswa (manual maupun otomatis), Pengelolaan
Kelulusan/Alumni, Pencetakan Kartu Siswa, dan Pengelolaan Kedisiplinan Siswa
6. Sistem
Informasi Akademik : berisi Pengelolaan Kurikulum, Penjadwalan Satuan
Pengajaran, Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa, dan
Presensi Siswa dalam kegiatan PBM
7. Sistem
Informasi Perpustakaan : berisi Pengelolaan buku, Pengelolaan anggota,
Transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan Manajemen Arsip Digital
8. Sistem
E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun
intranet bagi siswa dan guru berupa modul sekolah, tanya-jawab, kuis online,
maupun tugas-tugas.[10]
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya suatu sistem informasi dibangun dengan beberapa
tahap pengembangan serta melibatkan sumber daya dari beberapa disiplin ilmu
yang berbeda, baik sisi manajemen, teknologi informasi, keuangan, dan lain
sebagainya. Salah satu hasil produk pembangunan sistem informasi adalah suatu
perangkat lunak yang terpadu, ditambah dengan tata aturan yang di terapkan
untuk mengelola sistem sehingga tujuan dari suatu sistem dapat tercapai.
Pembangunan suatu sistem informasi baik dalam skala besar maupun kecil, tetap
membutuhkan langkah-langkah tersusun dan terkoordinasi karena pembangunan
sistem informasi merupakan suatu proyek pengembangan memiliki tujuan sehingga
sistem informasi dapat berjalan dengan baik.
Perangkat lunak aplikasi SIM yang tersedia dikelompokkan ke
dalam 4 kategori yaitu:
1.
Sistem Manajemen Akademik,
2.
Sistem Manajemen Pengetahuan,
3.
Sistem Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen
Hubungan Komunitas yang keseluruhannya terdiri dari 8 modul (subsistem).
Selain itu, saat ini sedang dikembangkan
Sistem Informasi Eksekutif (SIE) yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari
modul-modul untuk keperluan pengambilan keputusan pada tingkat yang lebih
tinggi. SIE ini diharapkan sudah dapat digunakan pada awal tahun 2008.[11]
B. Saran
13
|
DAFTAR PUSTAKA
Badrudin. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
http://duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html/
(diakses tanggal 13 Desember 2015)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen/
(diakses tanggal 13 Desember 2015)
Jaja Jahari & Amirulloh Syarbini.
2013. Manajemen Madrasah. Bandung:
Alfabeta
https://lesmardin1988.wordpress.com/2014/08/13/pengertian-aplikasi/(diakses
tanggal 13 Desember 2015)
http://muis.gurusertifikasi.org/2012/04/28/sistem-informasi-manajemen-pendidikan/
(diakses tanggal 13 Desember 2015)
[3]
Badrudin, Dasar-Dasar Manjemen,
Bandung: Alfabeta, 2013, hlm.1
[4]
https://lesmardin1988.wordpress.com/2014/08/13/pengertian-aplikasi/(diakses
tanggal 13 Desember 2015)
[5] http://duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html/ (diakses tanggal 13 Desember
2015)
[7] Jaja Jahari & Amirulloh Syarbini, Manajemen
Madrasah, Bandung: Alfabeta, 2013, hlm.1-2
[9] (ps://islamiced.wordpress.com/tugas/ilmu-pendidikan-islam/pengertian-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam/)html/
(diakses tanggal 13 Desember 2015)
[10] http://muis.gurusertifikasi.org/2012/04/28/sistem-informasi-manajemen-pendidikan/
(diakses tanggal 13
Desember 2015)
[11] http://muis.gurusertifikasi.org/2012/04/28/sistem-informasi-manajemen-pendidikan/
(diakses tanggal 13 Desember 2015)
Artikel yang sangat menarik sekali,
BalasHapusSangat membantu saya tulisan ini…
Semoga semakin banyak orang yang membaca artikel ini...
Terima kasih…
Salam Sukses Selalu…
sangat bermanfaat terima kasih gan hahaha
BalasHapus